Prediksi PSIS Semarang vs Barito Putera 30 Juni 2019

Superbet888 – PSIS Semarang akan menjamu Barito Putera pada pekan ke-6 Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar, Minggu (30/6). Laga ini akan digelar di Stadion Moch Soebroto, Magelang. Tim Mahesa Jenar berada dalam kondisi lebih baik dibandingkan lawannya.

PSIS telah mengumpulkan tujuh poin dari lima pertandingan (M2 S1 K2). Sementara itu, Barito Putera baru meraup satu poin dari empat pertandingan (M0 S1 K3) dan saat ini terdampar di posisi terbawah.

PSIS sedang dibalut euforia kemenangan di kandang Perseru Badak Lampung FC pada partai tunda pekan keempat (26/6). Meski hanya menang 1-0 lewat gol tunggal Silvio Escobar, setidaknya itu bisa menjadi poin pengganti yang hilang di markas Bali United pada partai pekan kelima Shopee Liga 1 2019 yang disiarkan Indosiar.

Ditambah dukungan penuh dari suporter, Panser Biru dan Snex, sepertinya bukan persoalan yang sulit bagi anak asuh Jafri Sastra dalam usaha menaklukkan Barito Putera.

Pelatih Jafri Sastra memastikan rotasi di timnya harus dilakukan untuk menyiasati padatnya jadwal kompetisi.

Jandia Eka Putra hampir dipastikan kembali ke posisinya di bawah mistar gawang, setelah absen pada pertandingan di Lampung. Safrudin Tahar dan Rio Saputro diperkirakan akan diparkir karena kondisinya yang tidak begitu bugar. Alhasil, Jafri akan menunjuk Soni Setiawan dan Fauzan Fajri untuk memperkuat lini belakang yang dikomandoi Wallace Costa.

Lini tengah PSIS masih belum akan diperkuat gelandang andalan Septian David Maulana yang masih belum sembuh. Trio Arthur Bonai, Patrick Mota, dan Shohei Matsunaga sudah disiapkan sebagai penyeimbang lini tengah. Sementara barisan penyerangan bakal diisi Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto, dan Silvio Escobar.

Pantang Meremehkan Lawan

Jafri Sastra menjelang laga kontra Barito Putera meminta anak asuhnya untuk tidak meremehkan calon lawan. Meski Barito sedang terpuruk di papan bawah, bukan berarti kemenangan mudah diraih. Untuk itu, konsentrasi penuh selama 90 menit dibutuhkan timnya.

“Tiga poin di Lampung kemarin bisa mendongkrak motivasi. Tapi, harus segera kami lupakan karena fokus selanjutnya adalah melawan Barito Putera. Pemain dalam kondisi siap meski akan saya rotasi,” ujar Jafri Sastra.

Fauzan Fajri siap membayar kepercayaan yang diberikan pelatihnya. Bek senior di PSIS Semarang ini dipastikan akan berduet dengan Wallace Costa untuk mengawal pertahanan PSIS.

“Tiga poin harus kami ambil lagi karena bermain di kandang sendiri. Pantang bagi kami meremehkan Barito yang punya hasil kurang baik di awal musim karena mereka punya materi pemain bagus,” timpal Fauzan Fajri.

Kondisi berbeda dirasakan Barito Putera. Kondisi tim tamu itu karut-marut setelah pergantian pelatih dari Jacksen F Tiago ke Yunan Helmi. Namun, sang suksesor tak jeri dengan situasi yang dihadapi Laskar Antasari.

“Proses bergantian pelatih saya anggap wajar di sebuah tim. Saya akui ini tugas berat, tapi saya siap mengemban amanah ini. Saya sedikit pun tak jeri dengan grafik PSIS yang sedang naik. Saya pribadi malah tertantang,” tutur Yunan Helmi.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 ini malah mengaku penasaran dengan keterpurukan Barito Putera.

“Saya benar-benar penasaran. Materi tim ini lebih bagus dibanding musim-musim sebelumnya. Tapi, kenapa kok malah terpuruk. Rasa penasaran ini yang memotivasi saya untuk memperbaiki dan membangkitkan kembali Barito ke trek yang benar,” ujar Yunan Helmi.

Pemain yang dibesarkan Barito Putera ini menilai psikologis Rizki Pora dkk membaik jelang laga kontra Mahesa Jenar.

“Insyaallah pemain sudah siap lahir batin. Saya juga telah siapkan strategi terbaik. Bagi saya, PSIS seperti tim lainnya. Sepak bola Indonesia ini merata. Yang membedakan hanya semangat bertanding pemain di lapangan. Saya sudah minta pemain bertarung layaknya seorang laki-laki,” ucapnya.

Perkiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3) : Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Soni Setiawan (belakang); Patrick Mota, Arthur Bonai, Shohei Matsunaga (tengah); Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto, Silvio Escobar (depan). Pelatih : Jafri Sastra.

Barito Putera (4-2-3-1) : Muhammad Riyandi (kiper), Roni Beroperay, Donny Monim, Artur Vieira, Bagas Adi (belakang), Paulo Sitanggang, Lucas Silva, Prisca Womsiwor, Evan Dimas, Rizky Pora (tengah), Rafael Silva (depan). Pelatih : Yunan Helmi.

Prediksi Skor Akhir : PSIS Semarang 3-1 Barito Putera